22 Jenis Koleksi Tanaman Jahe-Jahean (Zingiberaceae) di Kebun Raya Cibodas

Mendengar nama tanaman jahe-jahean tentu tidak asing di telinga kita, karena tanaman ini sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari, mulai dari pemanfaatan tanaman tersebut sebagai bumbu masak, obat- obatan, rempah-rempah, tanaman hias dan bahan minuman, Meskipun demikian tentu pengetahuan kita tentang jenis tanaman jahe-jahean masih terbatas pada jenis-jenis tertentu yang biasa dimanfaatkan, diantaranya seperti temulawak, kunyit, jahe dan kencur.

Apa sih tanaman jahe-jahean itu?

Dikutip dari jurnal.uinsu.ac.id bahwa tanaman jahe-jahean termasuk kedalam suku Zingiberaceae, suku Zingiberaceae merupakan tumbuhan herba perenial yang memiliki keunikan pada rhizomnya (rimpang). Hal ini dikarenakan tumbuhan Zingiberaceae mengandung minyak yang dapat menguap atau berbau aromatik. Rizhoma yang membengkak seperti umbi, memiliki akar yang tebal dan mempunyai bagian yang terisi dengan minyak aromatik. Batang Zingiberaceae berada di atas tanah, pendek dan untuk mendukung pembungaan saja.

Jenis-jenis dari suku ini secara alami tumbuh di hutan hujan, dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Tumbuhan Zingiberaceae diperkirakan jumlahnya mencapai 50 genus dan sekitar 1400 jenis, yang tersebar mulai dari daerah tropis hingga subtropis. Persebaran yang paling besar terdapat di Asia Tenggara, khususnya wilayah Malesia termasuk Indonesia.

Untuk menambah informasi tentang jenis-jenis tanaman jahe-jahean kita dapat berkunjung ke Kebun Raya Cibodas(KRC) yang ada di Kabupaten Cianjur-Jawa Barat. KRC yang merupakan tempat konservasi ex situ (memelihara tanaman di luar habitatnya) mempunyai beberapa koleksi tanaman tematik salah satunya koleksi tanaman jahe-jahean (Zingiberaceae).Berdasarkan Sistem Informasi Data Koleksi (SINDATA), KRC saat ini mempunyai 22 jenis tanaman Zingiberaceae yang ditanam di area khusus koleksi Zingiberaceae.

Jenis-jenis tanaman jahe-jahean tersebut adalah: Globba bracteolata, Zingiber officinale (jahe), Hedychium coronarium (jahe putih), Alpinia zerumbet (cangkang jahe), Curcuma longa.(rimpang kunyit), Curcuma aeruginosa (temu hitam), Curcuma zanthorrhiza (temulawak), Zingiber montanum (bangle), Kaempferia galanga (kencur), Curcuma mangga (temu mangga), Curcuma zedoaria (temu putih), Alpinia galangal (lengkuas), Amomum hochreutineri (cacabutan), Alpinia malaccensis (laja gowah), Hedychium roxburghii (gandasoli hutan), Hedychium cylindricum (gandasoli), Hedychium coccineum (gandasoli), Globba pendula (pedas kancil), Etlingera solaris (tepus), Etlingera elatior (kecombrang, honje), Etlingera megalocheilos (ki tepus), Zingiber inflexum Blume.

Dari data tanaman jahe-jahean tersebut ada beberapa jenis yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat seperti Etlingera elatior (kecombrang, honje), ternyata tumbuhan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Pada tanaman tersebut terdapat beberapa nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan. Rimpang, batang, daun, buah, bunga, dan minyak atsiri merupakan bagian yang sering digunakan sehari-hari. Selain untuk kesehatan kecombrang juga biasa dikonsumsi.

Beberapa penggunaan bagian kecombrang yang disarankan yakni: Daun dimasak dan dikonsumsi dengan nasi. Pucuk bunga muda dan pucuk buah setengah matang digunakan secara lokal sebagai pengganti asam jawa. Kuncup bunga kecombrang dapat ditambahkan ke sup, semur, kari, saus, dan salad. Kecombrang dapat direbus dan dikonsumsi dengan sambal, dicampur ke dalam nasi goreng, ditumis dengan sayuran dan daging, diiris di atas ayam goreng, atau disajikan dengan makanan laut. Sumber: https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-daun-kecombrang

Curcuma longa (rimpang kunyit), tanaman yang satu ini adalah tanaman yang paling sering dimanfaatkan. Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur, meski begitu, manfaat kunyit tak hanya untuk melezatkan masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, masih ada banyak manfaat kunyit untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga diduga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. (ttg)

Referensi:
Hutasuhut ,Melfa Aisyah dan Efrida Pima Sari Tambunan “INVENTARISASI JENIS-JENIS ZINGIBERACEAE DI HUTAN TELAGAH TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER KABUPATEN LANGKAT SUMATERA UTARA” http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/klorofil/article/download/7824/3590 diakses tanggal 18/07/2022 09:16

R, Fia Afifah “ 9 Manfaat Daun Kecombrang, Salah Satunya Membersihkan Darah!”
https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-daun-kecombrang diaksese tanggal 19/07/2022 14:27

“8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh” https://www.alodokter.com/kebenaran-manfaat-kunyit-ditinjau-dari-segi-medis diakses tanggal 19/07/2022 14:45

22 Jenis Koleksi Tanaman Jahe-Jahean (Zingiberaceae) di Kebun Raya Cibodas