Elaeagnus latifolia Tumbuhan Pemanjat Berbuah Asam

Cibodas-Humas BRIN, Elaeagnus latifolia adalah sejenis tanaman buah-buahan liar yang tumbuh subur di daerah pegunungan dengan tanah kering atau lembab. Buahnya dapat dikonsumsi meski  terasa masam namun menyegarkan. Tanaman ini berasal dari India, Sri Langka, Nepal sampai Indo-China.

Elaeagnus latifolia adalah nama ilmiah dari tanaman  ini  yang termasuk dalam  keluarga Elaeagnaceae sedangkan nama popular tanaman ini adalah the bastard oleaster seakan nama ini mengisyaratkan rasa kecut dari buah tanaman ini,  Himalayan Silverbush karena memang warna permukaan bawah daunnya yang berwarna silver sehingga tanaman ini sangat menarik dan unik, dan nama popular lainnya adalah Indian Olive.

Elaeagnus latifolia merupakan tumbuhan pemanjat berkayu, memiliki sisik atau seringkali berduri. Tumbuhan ini memanjat pada tumbuhan di sebelahnya dan sulit untuk diprediksi panjang batangnya. Bunganya hermaprodit dan penyerbukannya dibantu oleh lebah.

Di hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) tanaman ini dapat ditemukan, bahkan di Kebun Raya Cibodas (KRC) koleksi tanaman Elaeagnus latifolia dapat tumbuh dengan subur.

Masyarakat sekitar KRC menyebut buah tanaman ini  dengan sebutan  kiceupot atau kakaduan (Sunda). Disebut kiceupot barangkali ekpresi dari suara bibir saat merasakan rasa yang sangat masam sedangkan disebut kakaduan karena daunnya yang mirip dengan daun kadu (durian).

Daun dari tanaman Elaeagnus latifolia  mengandung saponin, flavonoid dan tannin sedangkan buahnya mengandung asam askorbat.

Elaeagnus latifolia bukan hanya bermanfaat untuk makanan, tetapi terkadang dijadikan sebagai bahan obat dalam bidang kesehatan, yaitu untuk mengurangi atau menghambat  pertumbuhan kanker. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/download/8833/6381

Buah liar dan kurang dimanfaatkan ini menunjukkan banyak karakteristik berharga yang layak untuk dimanfaatkan dan bisa menjadi sumber potensial dalam pengembangan produk bernilai tambah seperti produk kaya antioksidan. (ttg.)

Referensi:

  1. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/download/8833/6381
  2. foto (www.dreamstime.com)

Elaeagnus latifolia Tumbuhan Pemanjat Berbuah Asam