Kaktus Kursi Ibu Mertua, Echinocactus grusonii Hildm. Yang Terancam Punah

Tanaman kaktus termasuk kedalam suku Cactaceae. Amerika merupakan rumah dari Suku Cactaceae, yang dapat ditemukan dari mulai Kanada sampai jauh ke Argentina. Tanaman kaktus telah berevolusi secara anatomi dan adaptasi secara physiologi yang memungkinkan tanaman kaktus untuk hidup dalam kondisi gurun. Tanaman kaktus merupakan bagian dari kawasan arid dan semiarid. Keanekaragaman kaktus terbesar berada di Meksiko, kurang lebih 78% endemik Meksiko.

Menelusur sejarahnya ke belakang, tanaman kaktus telah digunakan manusia sejak jaman pre hispanic (periode waktu sebelum abad ke 16 sewaktu bangsa Spanyol menjelajah,  menemukan dan menaklukkan Mesoamerika dan Amerika Selatan) untuk makanan, obat-obatan, makanan ternak, dan sebagai bahan mentah. Sekarang tanaman kaktus merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang mempunyai nilai penting secara ekonomi, karena mempunyai keindahan dari penampilannya baik bunga maupun habitusnya. Namun, di balik nilai ekonominya, beberapa jenis kaktus menghadapi kelangkaan di alam karena eksploitasi dan kerusakan habitat. Tekanan terhadap keberadaan tanaman kaktus terus semakin meningkat akibat perkembangan manusia dan kebutuhan manusia setiap saat. Sekarang, lebih dari 250 jenis kaktus asli Meksiko dikategorikan sebagai kaktus yang terancam punah keberadaannya.

Kaktus Kursi Ibu Mertua, Echinocactus grusonii Hildm.

Sinonim: Echinocactus corynacanthus Scheidw., Echinocactus galeottii Scheidw., Echinocereus grusonii var. azureus Von Zeisold 

Nama Umum: Golden Barrel Cactus, Golden Ball Cactus, Mother-in-law

Kaktus Kursi Ibu Mertua, Echinocactus grusonii Hildm. Yang Terancam Punah