LIPI Goes To School, Kebun Raya Cibodas

Masih dalam rangkaian HUT 169 Tahun Kebun Raya Cibodas LIPI, hari ini Selasa, 20 April 2021 telah diselenggarakan kegiatan LIPI Goes to School oleh Humas dan Kerja Sama Biro Kerja Sama Hukum dan Humas (BKHH) Kawasan Cibodas. Adapun tema LIPI Goes to School kali ini adalah ?Mengenal Keragaman Hayati Koleksi Tanaman Kebun Raya Cibodas dan Terumbu Karang Indonesia?. Peserta kegiatan kali ini sebanyak kurang lebih 400 orang baik guru/pendidik dan siswa dari 15 sekolah yang telah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kebun Raya Cibodas LIPI. Materi kali ini juga cukup menarik karena selain pengenalan mengenai tumbuhan paku-pakuan dan klasifikasi tumbuhan (Gymnospermae dan Angiospermae) yang ada di Kebun Raya Cibodas juga ada pengayaan materi mengenai terumbu karang dari Pusat Penelitian Oseanografi (Ilmu kelautan) LIPI. Jadi materinya beragam, ada dari gunung dan dari laut.
Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya tugas pokok dan fungsi Kebun Raya Cibodas yaitu untuk melakukan diseminasi atau pemasyarakatan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) mengenai perkebunrayaan, dan konservasi keanekaragaman tumbuhan dataran tinggi basah. Selain itu, ini juga merupakan salah satu implementasi dari Perjanjian Kerja Sama dengan 15 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Cipanas dan Cibeber. Kegiatan ini terkait juga dengan Tugas dan fungsi Humas Kawasan Cibodas Biro Kerja Sama Hukum dan Hubungan Masyarakat (BKHH) – LIPI untuk Fasilitasi Pemasyarakatan Iptek melalui kegiatan pendidikan lingkungan dalam program LIPI Goes to School.
Seperti yang disampaikan oleh Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas – LIPI, Dr. Dian Latifah, M.App,Sc, bahwa kegiatan pendidikan lingkungan merupakan kegiatan yang sudah rutin dilakukan di Kecamatan Cipanas khususnya bagi sekolah-sekolah yang lokasi sekolahnya berdekatan dengan Kebun Raya Cibodas. Menelisik ke belakang bahwa Program Pendidikan Lingkungan (Pepeling) di Kebun Raya Cibodas telah dilakukan sejak tahun 1999 dan telah menjangkau lebih dari 18.000 siswa dari mulai tingkat SD sampai SMA. Lebih dari 750 kelompok kerja (Santri ponpes, Kader posyandu, LSM, Kelompok tani, Karang taruna, dan Majlis taklim) telah mendapatkan program pendidikan lingkungan. Program Pendidikan Lingkungan ini tidak hanya menjangkau kawasan di Kabupaten Cianjur, tapi juga di kabupaten lainnya seperti, Sukabumi, Bogor, Bandung, Cirebon, dan Majelengka. Kegiatan pendidikan lingkungan sebelum terjadi pandemi dilakukan secara langsung baik peserta didik datang ke kebun raya atau para pemandu dan narasumber yang datang ke sekolah-sekolah (outreach program).
Jika di tahun-tahun sebelumnya kegiatan Program Pendidikan Lingkungan (Pepeling) ini dilaksanakan secara tatap muka, tetapi kali ini tidak. Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 masih menghantui negeri kita. Salah satu dampaknya dapat dirasakan pada kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan Pepeling yang sering diadakan oleh Kebun Raya Cibodas. Dalam sambutannya Dian juga menyampaikan bahwa dengan kegiatan LIPI Goes to School kali ini diharapkan para peserta didik dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian terhadap kelestarian alam dan lingkungan hidup, kepedulian terhadap masalah lingkungan khususnya mengenai konservasi keanekaragaman hayati dan kearifan lokal. Selain itu dapat mendorong dan memberikan kesempatan pelaku pendidikan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan sehingga tercipta sikap dan perilaku yang bersahabat dengan lingkungan. Di kesempatan yang sama, Koordinator Pelayanan Pendidikan Dasar Kecamatan Cipanas, Dadan Sudana menyambut baik kegiatan ini karena hal ini sangat bermanfaat bagi peserta didik sebagai bekal awal dalam memahami tentang betapa pentingnya pelestarian tumbuhan untuk menyelamatkan kekayaan hayati Indonesia dan dunia. Sudana juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kebun Raya Cibodas -LIPI karena telah memberikan kesempatan kepada anak didik dan pendidik yang ada di Kecamatan Cipanas untuk mengikuti kegiatan LIPI Goes To School kali ini. Beliau juga berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan pendidikan, khususnya pendidikan lingkungan sebagai tonggak kelestarian alam di masa mendatang.
Pada kesempatan ini juga Kepala Biro Kerja Sama Hukum dan Hubungan Masyarakat LIPI, Mila Kencana, M.A., menyampaikan bahwa LIPI Goes To School merupakan salah satu bentuk dari tanggung jawab LIPI sebagai salah satu lembaga riset di Indonesia yang bertugas untuk membina generasi muda calon penerus bangsa sedari dini agar bisa mencintai, menyenangi, dan menumbuhkembangkan budaya IPTEK . “Mudah-mudahan dengan apa yang telah dilakukan LIPI selama ini dan materi-materi yang diberikan oleh LIPI melalui Kebun Raya Cibodas dapat terus memberikan kontribusi dan kebermanfaatan bagi masyarakat dan generasi muda “, imbuh Mila. Dalam penutupnya Mila berharap jika kegiatan ini nantinya dapat diperluas tidak hanya sebatas dilakukan di Kecamatan Cipanas saja.
Acara berlangsung dengan lancar walaupun dengan keterbatasan yang ada, Peserta juga antusias, hal ini terlihat dari jumlah pesertanya yang luar biasa dan keseriusan peserta didik saat menyimak materi dan menjawab pertanyaan kuiz dari para narasumber. Kegiatan ini adalah awal dari kegiatan virtual LIPI Goes to School yang diadakan oleh BKHH Kawasan Cibodas bekerja sama dengan Kebun Raya Cibodas. Mudah-mudahan kedepannya kegiatan ini dapat terus berjalan, sehingga diseminasi IPTEK LIPI khususnya mengenai perkebunrayaan dan konservasi keanekaragaman tumbuhan dataran tinggi basah dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. (DNP/TU)

LIPI Goes To School, Kebun Raya Cibodas