Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas – BRIN

Dalam rangka mengestapetkan kepemimpinan di Kebun Raya Cibodas, dilaksanakan serah terima jabatan (sertijab) dari Pimpinan lama Kebun Raya Cibodas, Dr. Dian Latifah, M.App.Sc. kepada Fitri Kurniawati, M.IL (14/09) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Pengelola Kebun Raya Cibodas. Sertijab dihadiri oleh Plt. Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi, Dr. R. Hendrian, M.Sc., Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Hayati, Dr. Iman Hidayat, Kepala Kantor Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Dr. Sukma Surya Kusumah, S.Hut., M.Si., Ketua Tim PME Ilmu Pengetahuan Hayati, Ahmad Fathoni, Ph.D., Koordinator Administrasi Penelitian di Cibodas, para Sub Koordinator Layanan Kawasan Cibodas, dan General Manager PT Mitra Natura Raya Kebun Raya Cibodas.
Dr. Dian Latifah, M.App.Sc. sebagai kepala lama menjabat sebagai Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas sejak tanggal 4 Januari 2021 menggantikan Dr. R. Hendrian, M.Sc. sebagai kepala sebelumnya.
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Laksana Tri Handoko pada 3 September 2021 melantik Dr. Dian Latifah sebagai peneliti, dengan dilantiknya Dr. Dian Latifah sebagai peneliti maka berakhir pula jabatan Dr. Dian Latifah sebagai Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas, namun dalam masa transisi sebelum adanya kepala baru Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas, Dr. Dian Latifah masih menjalankan tugasnya seperti biasanya.
Pada kesempatan Apel Pagi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) (13/09/21), Kepala BRIN, Dr. Laksana Tri Handoko mengangkat 3 pejabat baru sebagai Kepala Kantor Kebun Raya, salah satunya yaitu Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas, Fitri Kurniawati, M.IL. Dengan diangkatnya Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas tersebut, pelaksanaan managerial Kantor Kebun Raya Cibodas terhitung mulai tanggal 13 September 2021 dipegang oleh Fitri Kurniawati, M.IL. yang sebelumnya menjabat sebagai Pranata Humas Ahli Muda di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas.
Pada kesempatan sertijab ini, Sukma Surya Kusumah mengharapkan sistem yang sudah berjalan dengan baik di Kebun Raya Cibodas bisa ditingkatkan menjadi lebih baik, dan sistem yang masih kurang dapat ditingkatkan menjadi lebih baik. Mengakhiri sambutannya, Sukma menekankan agar kegiatan perkebunrayaan bisa berjalan dengan baik, diperlukan komunikasi yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan dan dengan semua sivitas yang terlibat.
Hendrian dalam sambutannya menambahkan bahwa kebun raya itu memiliki nature yang berbeda bila dibandingkan dengan satker lainnya, karena unsur-unsur yang ada di dalam kawasan kebun raya sangat beragam. Dengan demikian semua sivitas menghendaki kemampuan positioning yang pas diantara kita semua. Apabila kita gagal dalam mengenali posisi dan menempatkan diri sesuai posisi maka akan gagal pula bekerja secara tim dalam kebun raya, imbuhnya. Harapannya ke depan bahwa semua sivitas harus meningkatkan dalam mengenali posisi. Suasana yang tidak cair dalam kelembagaan, salah satunya adalah kegagalan memposisikan diri. Kewenangan ada batasnya, tanggungjawab ada batasnya, dan apabila bisa melaksanakan peran posisi dan mengenali batas kewenangan dan tanggungjawab tidak akan banyak bersinggungan satu sama lain. Hal ini dapat diartikan bahwa kita bisa membangun satker, demikian mengakhiri sambutannya.
Sedangkan menurut Imam Hidayat dalam sambutannya bahwa Kebun Raya bisa melewati transisi terutama di masa dua tahun terakhir ini. Kita semua pasti ada kekurangannya namun harus berbuat semaksimal mungkin untuk memajukan lembaga. Harapannya, dalam waktu dekat Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas harus segera melakukan pendataan SDM untuk segera pindah ke jabatan fungsional teknisi perkebunrayaan atau analis perkebunrayaan bagi yang belum memiliki jabatan fungsional, mengingat ke depan ASN harus memiliki jabatan fungsional. Dalam menjalankan tugasnya Kepala Kantor harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan berbagai elemen dan berkoordinasi dengan pihak mitra, bahwasanya kita semua mempunyai latar belakang bermusyawarah untuk mufakat, mengakhiri sambutannya.
Dian Latifah dalam sambutannya menyampaikan bahwa perubahan itu merupakan hal yang biasa bagi ASN dan perlu disikapi dengan baik. Dian juga mengungkapkan bahwa selama beliau menjadi Kepala di Kebun Raya Cibodas beliau juga masih banyak mengerjakan tugas-tugas lain yang terkait dengan penelitian di Kebun Raya Bogor. Harapannya semua sivitas tetap semangat melakukan kegiatan agar bisa setle di BRIN.
Menutup kegiatan acara sertijab, Fitri Krniawan sebagai Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas yang baru mengharapkan semua sivitas BRIN yang ada di Kebun Raya Cibodas, baik sivitas kawasan maupun sivitas satker Kebun Raya Cibodas bisa membatu tugas-tugas beliau dan bekerja sama agar semua kegiatan dapat diselesaikan dengan baik. Beliau berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dan meningkatkan komunikasi, baik dengan pihak internal maupun dengan pihak eksternal.
(NS)

Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas – BRIN